Selayang Pandang Bonua Lua dan Benteng Bebengketan

Bonua Lua dan Benteng Bebengketan terletak di Desa Baka, puncak bukit tertinggi Kota Salakan. Dua tempat bersejarah ini merupakan peninggalan Kerajaan Bebengketan yang berdiri pada abad ke-13. Dinamakan Bonua Lua karena terdapat dua rumah yang menyatu (Bonua berarti ‘rumah’; Lua berarti ‘dua’).

Sedangkan Benteng Bebengketan tersusun atas bebatuan yang masih asli peninggalan para leluhur dan di dalamnya terdapat beberapa kuburan tua. Panjangnya 210 meter, lebar 90 meter, dan tinggi 8 meter. Di sekeliling benteng juga dibuat parit dengan lebar 10 meter dan kedalaman 8 meter. Karena nilai historis yang berarti bagi masyarakat Salakan, lokasi ini kerap dijadikan sebagai tempat pertemuan para tokoh adat setempat untuk bermusyawarah. Dari lokasi ini, pengunjung dapat melihat panorama alam Teluk Tinangkung dari ketinggian.

Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>