Jelajah Pulau Bakalan

Pulau Bakalan letaknya tepat di muka Kota Salakan, sekitar 20 menit dengan menggunakan kapal kayu. Pulau Bakalan merupakan satu pulau yang dihuni penduduk selain Pulau Peling. Terdapat tiga desa, yaitu Desa Bungin, Desa Bulungkobit, dan Desa Bakalan. Pulau Bakalan cocok untuk aktivitas snorkeling dan diving karena menawarkan panorama hamparan pasir putih dan aneka ragam terumbu karang yang masih alami. Namun, menurut hasil survei bawah laut tahun 2013 yang tersebar di 3 spot penyelaman oleh beberapa pihak terkait, kondisi biota laut umumnya rendah karena overfishing. Untuk di perairan sekitar Desa Bungin, kualitas air dan lingkungan sudah mulai memburuk karena sampah yang padat, penambangan pasir, kerusakan mangrove, dan pemboman. Meskipun demikian, dalam hasil survei dijelaskan juga bahwa Pulau Bakalan memiliki peluang terbesar untuk dikembangkan wisata bawah laut karena 3 faktor, yaitu aksesibilitas, ketersediaan infrastruktur, dan keamanan penyelaman.

Selain wisata bawah laut, wisata pantai menjadi salah satu aktivitas favorit masyarakat lokal, misalnya di Pantai Malanggong yang memanjang sekitar 2 km dengan karakteristik butiran pasir putih yang halus. Pantai ini merupakan lokasi terbaik untuk melihat tenggelamnya matahari. Pada hari libur, terutama pasca hari raya dan akhir tahun, tempat ini ramai dipadati pengunjung lokal. Selain itu juga, di Pulau Bakalan terdapat Sumur Palka dengan kedalaman 18 depa dan Batu Ampa-ampakon yang dianggap keramat oleh masyarakat. Konon, Batu Ampa-ampakon ini pada waktu tertentu dapat berjalan hingga ke Pulau Jawa. Di depan Pulau Bakalan terdapat Pulau Bakalan Pauno (Pauno dalam bahasa Banggai artinya kecil), ekosistem terumbu karangnya masih baik dan memiliki karang dangkal yang cukup menarik untuk dijadikan lokasi snorkeling. Menurut cerita salah seorang tetua di sana, konon Pulau Bakalan itu merupakan kapal. Sumur palka adalah bak mandi di kapal tersebut dan dan Pulau Bakalan Pauno menjadi sekocinya.

Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>